Rabu, 20 Februari 2013

LAPORAN AKHIR K2 Konstanta Joule


Soal Laporan Fisika Dasar K2
1. Jelaskan proses perubahan energi yang terjadi pada percobaan konstanta joule ini!!


Jawab:
Kalorimeter merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur jumlah kalor yang terlibat dalam suatu perubahan atau reaksi kimia. Adapun kalor energi yang berpindah akibat adanya perbedaan suhu. Hukum pertama termodinamika menghubungkan perubahan energi dalam suatu proses termodinamika dengan jumlah kerja yang dilakukkan pada sistem dan jumlah kalor yang dipindahkan ke sistem.
Pada kalorimeter terjadi perubahan energi dari energi listrik menjadi energi yang sesuai dengan hukum kekekalan energi yang menyatakan energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan


2. Bagaimana prinsip kerja kalorimeter listrik seperti yang terlihat pada gambar 1?

Jawab:
Prisip kerja kalorimeter adalah mengalirkan arus listrik pada kumparan kawat penghantar yang dimasukkan ke dalam air suling. Pada waktu bergerak dalam kawat penghantar (akibat perbedaan potensial) pembawa muatan bertumbukan  dengan atom logam dan kehilangan energi. Akibatnya pembawa muatan bertumbukan dengan kecepatan konstanta yang sebanding dengan kuat medan listriknya. Tumbukan oleh pembawa muatan akan menyebabkan logam yang dialiri arus listrik memperoleh energi yaitu energi kalor/panas



3. Carilah satuan, dimensi dari :  Energi Listrik, Energi Kalor, Kalor Jenis, dan Konstanta Joule

Jawab:

Energi Listrik
Satuan :  Joule
Dimensi : [M] [L]2 [T]-2

Energi  Kalor
Satuan :  Joule
Dimensi : [M] [L]2 [T]-2

Kalor Jenis
Satuan : J/Kg.K (J.Kg-1.K-1)
Dimensi : [L]2  [T] -2[θ]-1

Konstanta Joule tidak mempunyai satuan dan dimensi karna merupakan percobaan Joule yang menemukan kesamaan (ekivalensi) antara kerja mekanikal terhadap jumlah perpindahan panas.


4. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “tara kalor mekanik” dan “tara kalor listrik”??

Jawab:
Tara kalor mekanik adalah sumber energy yang didapat secara mekanik sehinggadapat menimbulkan energy panas. Sedangkan, tara kalor listrik dapat didefinisikansebagai pembanding antara energy listrik yang digunakan dengan panas yangditimbulkan.



0 komentar:

Posting Komentar