PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ULAR TANGGA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN TIK UNTUK SISWA KELAS 3 SD NEGERI
PUJOKUSUMAN 2 YOGYAKARTA
|
Ranti Purnanindya Muhammad Munir
|
ABSTRAK
|
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan game
edukasi ular tangga sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran TIK,
menguji kinerja media serta mengetahui tingkat kelayakan game edukasi
ini diujikan ke lapangan. Diharapkan game edukasi ini mampu membantu
meningkatkan motivasi dan antusiasme siswa dalam belajar TIK secara teori.
Penelitian ini menggunakan metode Research and Development. Pengujian
dilakukan dengan metode black box untuk mengetahui kesalahan pada
navigasi, selanjutnya game edukasi divalidasi oleh ahli materi dan
ahli media sebelu diujikan ke lapangan. Setelah hasil validasi memenuhi
syarat sebuah game edukasi layak baru dilakukan penelitian untuk
mengetahui kelayakan yang ada di lapangan.
Penelitian ini dilaksanakan di SD
Negeri Pujokusuman 2 Yogyakarta kelas 3, dengan melibatkan 26 siswa, yang
digunakan dalam pengumpulan data adalah angket, data yang diperoleh kemudian
dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dengan mengubah data hasil
rata-rata penilaian kedalam interval skor kelayakan. Hasil penelitian ini
menunjukkan bahwa tingkat validasi pengembangan game edukasi ular
tangga dari validator ahli materi sebesar 3,39 yaitu pada kategori layak,
kemudian dari validator ahli media mendapat skor 3,06 yaitu pada kategori
layak, dan penilaian dari siswa mendapat skor 3,52 yaitu pada kategori sangat
layak.
Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa game edukasi
ular tangga sebagai media pembelajaran TIK yang telah dibuat layak digunakan
untuk siswa Sekolah Dasar.
Kata kunci : Pengembangan, Game Edukasi, Media Pembelajaran, Kelayakan..........
Untuk Melihat Jurnal Selengkapnya terdapat klik link ini Ular Tangga
Kelebihan Dari Jurnal di atas adalah :
Sumber : https://www.google.co.id/search?q=jurnal+teknologi+game&ie=utf-8&oe=utf-8&rls=org.mozilla:id:unofficial&client=firefox-aurora&gws_rd=cr&ei=BBMRVdHfKYWjugTa_4GoAQ |
0 komentar:
Posting Komentar