Pada Postingan saya kali ini, untuk
memenuhi tugas Mata Kuliah Grafkom2 dengan tema Lighting atau Pencahayaan pada
Objek dalam Blender. sebelumnya saya akan menjelaskan apa itu pencahayaan dan bayangan dan istilah-istilah dalam pencahayaan.
Pencahayaan : proses penghitungan intensitas cahaya (yaitu cahya yang keluar) pada titik 3D tertentu, biasanya suatu permukaan. sedangkan Bayangan : proses pemberian warana pada piksel.
Sumber cahaya memiliki jenis, diantaranya :
a. Point Light
Memancarkan ke segala arah, namun intensitas cahaya yang diterima objek bergantung dari posisi sumber cahaya. tipe ini mirip seperti lampu pijar dalam dunia nyata.
b. Spotlight
Memancarkan cahaya ke daerah tertentu dalam bentuk kerucut. sumber cahaya terletak pada puncak kerucut. hanya objek-objek yang terletak pada daerah tersebut yang akan tampak.
c. Ambient Light
Cahaya latar/alam. Cahaya ini diterima dengan intensitas yang sama oleh setiap permukaan pada benda. cahaya latar tersebut dimodelkan mengikuti apa yang terjadi di alam, dalam keadaan tanpa sumber cahaya sekalipun, benda masih dapat dilihat.
d. Area Light
Mensimulasikan cahaya yang berasal dari permukaan seperti emistor, misalnya, layar TV, neons supermarket.
e.Direction Light
Memancarkan cahaya dengan intensitas sama ke suatu area tertentu. Letak tidak mempengaruhi intensitas cahayanya. Tipe inii dapat meninmbulakan efek seolah-olah sumber cahaya berada sangat jauh dari objek.
f. Parallel Point
Sama dengan directional, hanya pencahayaan ini memiliki arah dan posisi.
Pencahayaan : proses penghitungan intensitas cahaya (yaitu cahya yang keluar) pada titik 3D tertentu, biasanya suatu permukaan. sedangkan Bayangan : proses pemberian warana pada piksel.
Sumber cahaya memiliki jenis, diantaranya :
Memancarkan ke segala arah, namun intensitas cahaya yang diterima objek bergantung dari posisi sumber cahaya. tipe ini mirip seperti lampu pijar dalam dunia nyata.
b. Spotlight
c. Ambient Light
d. Area Light
e.Direction Light
f. Parallel Point
Pada Image berikut, saya membuat objek
berupa Sofa, Meja dan Lampu di dalam suatu ruangan dengan pencahayaan dan efek
sebagai berikut.
Berikut keterangan Panah pada gambarnya :
1. Biru : Ini bagian dari teknik pencahayaan pada Blender yaitu Objek
seolah-olah mengeluarkan cahayanya
sendiri.
2. Hijau : Ini adalah efek daripada cahaya tersebut, dengan adanya cahaya
pasti adanya bayangan.
3. Kuning : Ini juga bagian daripada bayangan dari meja yangterkena cahaya
lampu.
4. Merah Muda : Ini pantulan cahaya yang mengakibatkan Objek terlihat lebih terang
dari pada bagian yang lain pada objek itu sendiri, karena terkena sorotan
cahaya langsung. Istilah ini disebut dengan istilah Iluminasi yaitu berpindah dari sumber energi ke permukaan dan titik, dengan sumber cahaya langsung
Nama : Dede Ulung Rahayu
NPM
: 51412784
Kelas
: 3IA15
MK
: GRAFKOM2
Dosen : Karmilasari (
karmilasari@gmail.com)
0 komentar:
Posting Komentar